Jumat, 18 Februari 2011

SEJARAH HIMA IPA

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) merupakan organisasi yang dibentuk sebagai wadah seluruh kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Pada 2 Februari 2011 ini HIMA IPA berusia 3 tahun. Sebelum mempunyai hima, semua kegiatan yang dilakukan mahasiswa Pendidikan IPA di back up oleh Hima Fisika (HIMAFI). Tapi melihat potensi  SDM yang dimiliki mahasiswa Pendidikan IPA, pihak  Prodi Pendidikan IPA yang secara khusus diprakarsai oleh Drs. Eko Widodo mendesak mahasiswa angkatan perdana (2007) untuk membentuk suatu himpunan. Beliau mengatakan bahwa Pendidikan IPA harus membentuk himpunan sendiri, karena tak selamanya akan ‘menumpang’ di HIMAFI. Setelah berdiskusi antar kelas dan mengadakan pemilwa, terpilihlah Zain Muhari Rahman (C’07) sebagai ketua dari himpunan tersebut yang bernamakan Himpunan Mahasiswa Sains (HIMASA) yang merupakan cikal bakal berdirinya HIMA IPA.
Setelah membentuk himpunan internal mahasiswa Pendidikan IPA, banyak perjuangan yang dilakukan mahasiswa mahsiswa angkatan 2007. Waktu itu himpunan tersebut belum bisa berdiri sendiri, jadi masih harus di back up oleh HIMAFI. Disana juga mahasiswa Pendidikan IPA banyak menimba ilmu keorganisasian untuk bekal membangun HIMA IPA nantinya.
Januari 2009 turunlah Surat Keterangan (SK) dari dekan, yang menandakan adanya pengakuan de jure atas HIMA IPA. HIM IPA resmi diakui, dan diadakanlah pemilihan ketua. Terpilihlah Janwar Arseto (C’07) sebagai ketua HIMA IPA perdana masa jabatan 2009/2010. Setelah pemilihan  mahasiswa Pendidikan IPA segera menyelesaikan keperluan keorganisasian HIMA IPA, seperti logo,program kerja sampai menyusun AD/ART (Anggaran Dasar / anggaran Rumah Tangga). Perjuangan mahasiswa Pendidikan IPA tak berhenti disitu. Mereka harus segera mencari tempat untuk sekretariat HIMA IPA. Saat itu HIMA IPA mendapat sekretariat di depan deretan sekretariat ormawa yang lain. Namun sejak awal kepengurusan tahun 2010 yang di ketuai Taufani Gumono (E’08), sekretariat HIMA IPA bergabung di deretan sekretariat ormawa yang lain di gelanggang ormawa FMIPA UNY.
     Sampai saat ini, dibawah kepemimpinan Ary Gunawan (E’09) yang mempunyai visi “Meningkatkan kemandirian dan eksistensi HIMA IPA sebagai wadah aktualisasi dari mahasiswa Pendidikan IPA menuju IPA EMAS 2013”, HIMA IPA terus membenahi diri demi kemajuan dan kejayaan dimasa mendatang. (yinz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar