Jumat, 18 Februari 2011

Crop Circle, kado palentin buat Mak e



Kamu itu gak usah sekolah le. buat apa sekolah, wong mereka yang pinter-pinter aja malah membodohi kita kok. Kamu lihat saja itu para pejabat yang tiap hari muncul di tv, mereka itu orang pintar tapi gak pake otak, gak punya iman, maling, pembohong. Mak e gak mau kamu jadi kaya gitu. Jadi orang biasa aja, bertani sama mak e sama pak e, ga usah neko-neko".
“Tapi temen-temenku semuanya kuliah Mak, masa aku disuruh jadi petani. Katanya Bambang kalo kuliah kita bisa pinter, terus bisa kaya. Kalo kaya kan uangnya banyak nanti banyak cewek-cewek cantik yang mau sama aku. Kalo aku cuma jadi petani, jandanya si Sri pun gak bakalan mau sama aku Mak.”
“Kamu itu kuliah pengen pinter apa cuma ikut-ikutan? Nurut kok sama Bambang, apa-apa Bambang, katanya Bambang, disuruh Bambang.”
“Tapi Bambang itu kalo ngomong bener Mak”
“Terserah kamu, jadi anak kok gak punya pendirian.”
 “Sudah gak usah didengerin, Mak mu mungkin sedang emosi. Pak e setuju sama kamu. Kalo Mak mu gak mau biayain, biar Pak e nanti bayar, yang penting besok kamu dapet istri yang cantik. Yah itung-itung buat memperbaiki keturunan keluarga kita hehe...”
“Wah matur nuwun Pak.”
Pada akhirnya Kirman jadi melanjutkan kuliah dan diterima di perguruan tinggi yang sama dengan Bambang, temannya yang sok pintar itu.
***
Pada suatu hari Kirman dan Bambang duduk di depan kos. "Man, kamu tau crop circle gak?".
"Ora Mbang, la emang apa to crop circle itu?".
"Sudah lah Man, gak usah banyak tanya kamu itu, besok ikut aku aja. Temenku yang kuliah di luar negeri ngajakin aku buat bikin crop circle di desa kita, apa gak hebat tuh?"
Hari berikutnya, di malam hari Kirman, Bambang dan temannya menuju ke persawahan milik warga. Teman Bambang memberi instruksi Kirman dan Bambang untuk mematok titik pola yang akan dibuat.
"Mbang, apa ini malah gak merusak tanaman?"
"Ahh, kamu tu udik banget sih Man, justru ini malah bikin subur padinya. Lihat saja nanti mbah Marto bakalan mengucapkan berjuta trimakasih sama kita karna panennya melimpah berkat crop circle ini"
"Wah hebat kalo gitu Mbang, pasti kita jadi terkenal di desa ini."
"Iyolah, jandanya si Sri itu pasti akan bertekuk lutut kepadamu Man."
 "Wah, gak mau aku sama si Sri, aku pengen sama yang cantik, yang masih seger gitu…"
"Wah yo terserah kamu Man, yang pasti nanti kita bakal tenar, semua orang akan memuji-muji kita. Pak sama Mak mu pasti bangga juga sama kamu Man."
"Weh iya ya Mbang, Mak e pasti bangga sama aku."
"Iya, ini bisa buat kado palentin buat mak mu."
"Hah..?? palentin ?? Palentin ki opo to Mbang?."
"Ahh kamu tuh kalo udik ya jangan banget-banget to Man. Palentin itu hari kasih sayang, hari yang tepat buat ngungkapin kasih sayang sama orang yang kita sayangi selama ini"
"Wah, hebat kamu Mbang, pinter kamu. Pasti mak e seneng dapet kado palentin dari aku."
***
Keesokan harinya..
"Mak.. Mak e.. aku punya hadiah palentin buat mak e. Mak e tau to crop circle di sawah e mbah Marto itu, itu yang bikin aku mak. Itu aku bikin buat mak e, buat hadiah palentin buat mak e, seneng kan Mak?"
"Palentin palentin apa? Kamu itu Man bikin Mak e malu saja, ngrusak sawahnya orang. Percuma bapakmu biayain kuliahmu, bukannya jadi pinter malah tambah bodo. Mak e malu Man semua orang di desa ini ngomongin kamu. Wes sekarang gak usah kuliah aja kamu, jadi petani aja sama mak e. Katanya anak kuliahan, katanya pinter, pinter kalo gak pake otak tu ya kaya gini jadinya, bikin geger bisanya….. Malu Man Mak e, malu……………" (chim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar