Jumat, 06 Agustus 2010

HARI PENDIDIKAN..!! SEKEDAR UPACARA KAH…??


Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei merupakan salah satu Hari bersejarah yang tentunya di peringati setiap tahunnya sejak meninggalnya Ki Hajar Dewantara yang ditetapkan oleh surat keputusan Presiden RI No.305 Tahun 1959. Di Universitas tercinta kita UNY, merupakan kampus yang dulu bernama IKIP (Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan). Apa yang diselenggarakan kampus eks IKIP ini menunjukkan bahwa UNY merupakan Universitas pendidikan yang mayoritas jurusannya jurusan pendidikan?
Ternyata, tanggal 2 Mei 2010 lalu UNY menyelenggarakan upacara memperingati hari Pendidikan Nasional. Di hall rektorat. Siapa yang tahu? Penting gak sich? Hanya sedikit mahasiswa yang menghadiri upacara tersebut. Apa karena sebagian dari mereka tidak tahu atau malas untuk datang bahkan dari mereka banyak yang pulang kampung karena tanggal merah. Apalagi waktu itu hari Jumat sekalian Sabtu dan Minggu jadi bisa untuk libur panjang. Lebih ironis lagi ketika berlangsungnya upacara, ketika sambutan sebagian mahasiswa yang barisannya paling belakang malah duduk-duduk sambil ngerumpi, ada pula yang membawa minuman. Anehnya lagi upacara kok membawa tas atau ransel kaya mau kamping aja. Upacara terlihat tidak khidmat.
Lalu, apa makna dari Hari Pendidikan Nasional tersebut? Apa yang dilakukan Mahasiswa? Apa yang dilakukan UNY? Sekedar mengikuti upacara kah? Sekedar mengadakan upacara kah?
Akan tetapi, salut bagi mahasiswa yang sudah menyempatkan dirinya untuk datang meskipun hanya terpaksa atau daripada gak ada kegiatan. Alangkah baiknya, sebagai mahasiswa kitatunjukkan diri kita sebagai agen perubahan menuju masa depan yang lebih baik. Apalagi bagi kita yang mengambil jurusan pendidikan. Kita kan calon pendidik, tunjukkan donk kawan! Maknai Hari Pendidikan Nasional dengan prestasimu. (erf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar